Feeds:
Pos
Komentar

Hari ini luar biasa kawan…

bersumber dari sebuah page facebook yang saya like bernama “kata-kata hikmah”, saya menemukan quotes yang menurut saya bagus banget dan sangat layak untuk direnungkan. saya akan tulis kembali quotes tersebut sesuai dengan naskah aslinya, kurang lebih begini.


 

 

Wahai hati,

bersabarlah dalam menanti

yakinlah janjiNYA adalah pasti

pada akhirnya kebahagiaanlah yang kan diraih

 

Wahai jiwa

tenanglah dalam lara

percayalah bahwa janjiNYA adalah nyata

 

Jangan pernah ragu dengan kehendakNYA

Dia lebih tahu mana yang terbaik untukhamba-hambaNYA

 

Wahai raga,

tetaplah istiqomah dalam asa, cinta yang suci sedang menanti keimanan kita, seberapa sabar kita dalam meunggu, seberapa kuat kita saat tertatih dan seberapa tegar kita disaat rapuh.

Segala uji dan cobaNya tak pernah ada yang sia-sia,dibalik itu semua pasti ada hikmah dan keberkahannya, bersabarlah untuk suatu keindahan, kebahagiaan itu pasti kan datang untukmu, disaat yang tepat dan diwaktu yang tepat,SEMUA KAN INDAH PADA WAKTUNYA!

Amiiin!

 

itulah quotesnya, bergetar hati saya jika ingat tentang apa yang sering kita lakukan, betapa sering kita tidak sabar dengan ketentuan Alloh, betapa sering kita merasa bahwa kita lebih tau apa yang kita butuhkan, sehingga tidak jarang kita berburuk sangka kepada Alloh. padahal segalanya telah Alloh siapkan yang terbaik utnuk kita, hanya saja kita harus bersabar dan terus berusaha melakukan yang terbaik untuk mencapainya, insyaalloh kebahagiaan itu akan datang dan sudah semakin dekat. istiqomahlah….

DETIK HIDUP

Hari ini luar biasaaa….

Sahabat… coba perhatikan  syair lagu  karya musisi sunda Iwan Abdulrachman atau yang lebih familiar dengan sebutan Abah Iwan. Judulnya ‘detik hidup’ ini dia lirik sayirnya

Detik-detik berlalu

Dalam hidup ini

Perlahan tapi pasti

Menuju mati

Kerap datang

Rasa takut

Menuyusp dihati

Takut hidup ini terisi

Oleh sia-sia

Pada hening dan sepi

Aku bertanya

Dengan apa ku isi

Detik ku ini

Tuhan kemana kami

Setelah ini

Adakah engkau dengar

Jerit ku ini???

Buat saya lagu lirik lagu di atas menyentuh banget, saya sering nyanyiin lagu ini dengan diiringi suara gitar,  ngena banget deh…. Banyak sekali pembelajaran dan makna yang tersirat dalam lagu ini.

Hem.. terus hubungannya apa? Hubungan nya adalah dengan apa yang ingin saya tulis dan saya bagi disini.. pernahkah kita berpikir, apa sajakah yang sudah kita lakukan selama hidup ini? Sudah berapa tahunkah usia kita sekarang? Apa saja yang sudah kita persembahkan dalam hidup ini? Sudah berapa buah karya yang kita buat? Sudah siapkah kita jika sewaktu-waktu ajal menjemput kita???

Ah sahabat, sebenarnya tulisan ini ditulis untuk menasehati diri saya sendiri yang sudah terlanjur larut dengan gemerlapnya duniawi, sudah terbiasa dengan gelimang dosa, tanpa terasa usia saya kini sudah semakin dewasa, menurut angka seharusnya usia sebaya saya harusnya sudah mapan, hidup tenang dengan income pasif yang mengalir dari beberapa usaha yang saya jalankan, berkeluarga, memiliki anak-anak yang lucu-lucu,… namun itu seharusnya, faktanya saya masih terpuruk, belum bisa mewujudkan itu semua…..

Terkadang saya berpikir, selama ini saya ngapain??  Saya mengerjakan sesuatu tapi seolah-olah saya tidak melakukan apapun, sia-sia… yah tepatnya saya merasa sia-sia dengan apa yang saya lakukan selama ini, tak berbobot, hampa dan kurang bermakna…

Mungkin benar kata pepatah yang mengatakan lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali,  ingin rasanya saya merestart hidup saya lalu merefreshnya… sahabat.. mudah-mudahan hari-hari kita selanjutnya penuh  semangat, on terus 100%,motivasi tinggi dang a gampang menyerah dan yang terpenting semoga apa yang kita lakukan bisa berbuah sehingga kelak kita bisa menikmati hasilnya di dunia terlebih di akhirat.. salam!

sahabat…

beberapa hari yang lalu saya mengalami sebuah kejadian yang mampu membuat saya merenung 1 hari 1 malam…hemmm, kaya ga ada kerjaan aja nih! ( hiks… padahal bener sekarang teh saya lagi ga ada kerjaan), tuh, kan beneran! hehehehe…

 

 

adu duh.. ini nih kebiasaan saya kalo lagi nulis, belum juga ditulis inti ceritanya udah suka ngegeje ria,.. hahaha. STOP ah, kembali ke LEPTOP… bener loh temen2.. semenjak kejadian itu sering kali saya berpikir jangan-jangan semua yang saya lakukan itu sia-sia, tak terarah, tidak bermakna, hampa, gundah gulana, padahal tau ga sih, sebenernya saya tuh ngerasa udah banyak berbuat sesuatu, selalu mendahulukan bertindak dari pada ucapan, tapi tetep aja,,, tindakan saya sering kali melesetttt… ckiiiiiiiiiitttttt….

 

jadi ginih saya suka merenung, sebenernya apa sih kebiasaan sehari-hari yang biasa dilakukan oleh orang sukses? ya sukses kan relatif ya temen2.. minimal orang yang menurut pandangan orang lain tuh adalah orang yang berhasil orang yang berpengaruh besar.. sehingga kalo sering kita perhatikan orang jenis kaya gitu tuh omongannya sering didengerin dan diturutin sama orang lain,, gilee.. man power nya gueedeee banget cing! ada loh temen-temen orang jenis kaye beginian… ae ngalemin ndiri soale.. nah abis gitu saya terus mikir ape nyeng saleeeehhh ye ame gueeee??? masa iya gue musti nyalahin nene nya si romi nyeng ditato gara-gara ngefans berat ame  tora sudiro.. hualaaahhh, kalo dipikir-pikir usia saya udah ga muda lagi, 27 taon, tapi… dengan usia nyeng seperempat abad lebih 2 taon nih belum banyak yang bise saye lakuin… kerjaan masih belum jelas, luntang-lantung saban hari sambil ngeliatin pantat anjing yang lagi ngibas-ngibasin ekor nya dan bersiap kalo ada yang mendekat langsung menggonggong…. najiss banget dah tuh anjing, orang ayee cuma lewat duangan juga.. hahaha..

 

padahal ye temen2 kalo kita pikirin mah sehari semalem sama 24 jam, jatah waktu orang sukses sama pecundang juga sama 24 jam ga berbeda sepersekian detik pun! tapi kenape ye orang sukses bisa memanfaatkan waktunya dengan benar? nah ntu permasalahannye..  eh udah dulu deh temen2 yeee… ane kebelet nih… ntar-ntar disambung lagi dah! yu ah cap cusss

Oleh: Supriatna Adhya)*

Bisnis budidaya ikan (aquaculture) dikategorikan sebagai bisnis yang high risk (memiliki risiko yang cukup tinggi), hal ini disebabkan oleh banyaknya faktor-faktor yang dapat menyebabkan kerugian yang cukup besar, kerugian disebakan karena penuh dengan faktor ketidakpastian  seperti ketidakpastian cuaca, kualitas induk ikan, harga pakan yang mahal dibandingkan dengan harga jual ikan, serangan hama penyakit yang menjadi momok yang menakutkan karena sewaktu-waktu menyerang tanpa mengenal kasta, ketidak pastian market dan lain-lain. Jika hal tersebut terjadi biasanya tidak ada yang bisa dilakukan selain mengeluh karena kerugian yang diderita bukan hanya modal produksi melainkan tenaga, waktu, pikiran dan lain-lain. “Nasib-nasib… Pie toh ko kaya kie wae?? Lanjut Baca »

 

 

 

Oleh : Supriatna Adhya)*

Sewaktu saya kecil, Guru mengaji saya pernah menasihatkan jangan sampai kamu membiarkan hatimu menjadi buta, tuli, dan bisu.  hati manusia itu menentukan segala tindakan dan perbuatannya. Baik kepada diri sendiri, maupun orang lain. Orang-orang yang hatinya buta, tidak dapat melihat dampak merugikan yang ditimbulkan dari perilakunya yang buruk. Orang-orang yang hatinya tuli, tidak bisa mendengar jerit tangis orang lain. Dan orang-orang yang hatinya bisu, tidak mampu mengatakan bisik kebajikan bahkan sekedar kepada dirinya sendiri. Jadi, sungguh berbahaya jika manusia sampai membiarkan hatinya menjadi buta, tuli, dan bisu. Sebab jika sudah demikian, kita yang menganggap diri sebagai mahluk mulia ini tidak akan malu lagi untuk melakukan apa saja. Seburuk apapun itu. Karena kita pada dasarnya; tidak lagi memiliki hati nurani.Kemarin, Allah kembali memberikan sebuah pelajaran yang sangat berharga kepada saya,sebuah pelajaran hikmah, yang mungkin tidak semua orang dapat mengambil pelajaran dari k ejadian sejenis seperti yang saya alami. Lanjut Baca »

Sekali Layar Terkembang Surut Kita Berpantang

Dalam hidup sering kali kita menemukan hal-hal yang membuat kita kecewa, putus asa dan marah, namun selama hal tersebut tidak bertentangan dengan norma-norma kebenaran… maka teruslah berjuang.. semua akan indah pada waktunya… 

 

MANFAATKAN DAUN DAN KOHE KAMBING SERTA URINE KELINCI

UNTUK MENJAGA KUALITAS AIR

 

 

Oleh : Supriatna adhya)*

 

Dalam tataran praktis, biasanya salah satu kendala yang sering  dihadapi para pembudidaya ikan khususnya ikan lele adalah menurunnya kualitas air (drop,) jika tidak segera ditangani bukan mustahil dapat menyebabkan dampak langsung dan dampak turunan (derivatif effect) yang cukup serius. Dampak langsung yang dapat dirasakan adalah kematian sikumis manja karena lingkungannya sudah bukan lagi tempat yang nyaman untuk ia hidup. Kalo sudah begini jangan menyalahkan cuaca atau keadaan tapi perbaikilah sesegera mungkin sistem manajemen dan kedisiplinan berbudidaya.

 

Dari seorang maestro alias jadugnya pembudidaya lele saya memperoleh sebuah resep yang sudah terbukti ampun eh salah ampuh untuk menjaga kualitas air agar tetap stabil… hehehehe. apa resepnya?? Tanpa basa-basi lagi beliau membaginya untuk kita semua para insane-insan perikanan. Berikut lebih jelasnya. Lanjut Baca »